PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK SYARIAH INDONESIA, TBK
Keywords:
Service Quality, Citra Perusahaan, Loyalitas NasabahAbstract
Bank syariah telah mulai menggantikan bank konvensional yang sudah lama ada di Indonesia dengan menawarkan produk keuangan dan investasi dengan cara yang berbeda. Ini menjadikan perbankan di Indonesia semakin ramai. Perbankan syariah berkembang cukup pesat, meskipun sebagian masih dianggap baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas layanan dan persepsi perusahaan terhadap kesetiaan pelanggan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Geudong 2 Kabupaten Aceh Utara. Dalam penelitian ini, diambil 100 klien. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Penelitian dilakukan dengan bantuan program SPSS V20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan (X1) berdampak positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Geudong 2 Kabupaten Aceh Utara, dan citra perusahaan (X2) berdampak positif dan tidak signifikan. Menurut hasil Uji ANOVA, Fhitung sebesar 30.706 dan Ftabel sebesar 3.090, yang menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel, yang menunjukkan bahwa variabel independen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen secara keseluruhan. Perusahaan harus mampu untuk meningkatkan citra perusahaan kepada masyarakat atau nasabah, bahwa perusahaan menjalankan program perbankan secara syariah sesuai dengan peraturan yang berlaku.